Senin, 13 Februari 2012

BackPacker-an Sendirian? Kenapa Harus Takut?



beberapa orang  suka nanya "gimana sih caranya traveling sendiri ??" | "aku gak berani traveling sendiri ah.." | "aman gak yah traveling sendirian, apalagi cewek ??" |  "kamu kok berani traveling sendirian ??" | "gimana sih cara numbuhin keberanian buat traveling sendiri ??"


tapi ternyata kenyataannya tidak se-simple itu, banyak faktor yang membuat kita jiper duluan sebelum pergi. Mungkin beberapa faktornya adalah masalah makanan, uang, ketakutan nyasar, kesepian dan yang paling banyak menjadi penghambat seseorang untuk traveling sendirian adalah masalah keamanan ! Right ??

sebenarnya ketakutan akan beberapa faktor yang menghambat kita untuk menjadi solo traveling adalah adanya hal yang mengganjal dalam diri kita sendiri.


nah dalam postingan ini, saya mau membagi beberapa tips buat kalian yang pengen traveling sendiri untuk pertama kali, baik cewe maupun cowo apalagi maho, bisa baca tulisan ini.

1. buatlah itinerary perjalanan, kenapa ? karena ini akan memudahkan kamu untuk mengetahui step-step kemana kamu akan melangkah.kamu bisa buat garis besar itinerary perjalanan yang akan kamu lakukan, ataupun kalau kamu orang yang parno-an. kamu bisa bikin itinerary se-detail mungkin, seperti naik kendaraan apa, tidur dimana, beli makanan dimana sampai ngelangkah pake kaki kiri duluan apa kanan duluan. Pokoknya detail banget !

2. persiapkan barang bawaan dengan teliti.pakaian, chargeran, jaket, alat mandi,identitas diri, dan sebagainya.

3. kumpulkan info sebanyak-banyaknya, kamu bisa googling atau tanya-tanya sama yang sudah pergi ke destinasi yang mau kamu tuju. sesampainya disana pun, jangan malu bertanya kepada warga lokal, rata-rata mereka akan membantu sebisa mereka bila ada backpacker kebingungan. Pokoknya tanya deh kalau gak tau, kan ada pepatah bilang tuh "Malu Bertanya Sesat di Jalan".

4.  jangan gampang percaya sama orang !! musyrik !! percaya tuh sama Tuhan !!

5. jangan terlalu baik sama orang dan jangan terlalu mau dibaikin sama orang. biasanya kalau orang yang baru kita kenal tapi sudah baik banget sama kita, waspadalah !! jaga jarak adalah salah satu cara menghindar paling keceh.

6. tersenyumlah dan bersikap ramah terhadap semua orang.

7. simpan dengan super duper ketat apa yang dinamakan identitas diri (KTP atau yang lainnya) jangan pernah sekali-kali ditinggalkan atau dititipkan kepada orang lain.

8. simpanlah uang dibeberapa tempat, bisa sebagian di dompet, sebagian di backpack. Jadi, misalnya saat uang di dompet kamu hilang, kamu gak akan kebakaran jenggot, karena kamu masih punya simpanan uang di backpack.

9. hati-hati dengan pemberian orang yang gak kamu kenal, misalnya kamu dikasih roti. kamu gak tau kan isi dalem roti itu apa? bisa aja didalemnya ada obat bius.

10. buat cewe, jangan jalan-jalan sampai larut malam, hindari tempat sepi nan mencekam.

11. bersahabatlah dengan traveler lain, terutama solo traveler juga. biasanya mereka lebih welcome karena kesamaan nasib (traveling sendiri) siapa tahu kalian bisa share penginapan. nambah temen itu asyik !!

12. kuatkan mental dan nyali. traveling sendiri bukan hanya tentang perjalanan, lebih dari itu, menjadi solo traveler adalah mempelajari diri kamu sendiri.

yah, begitu saja tips yang baru kepikiran di hati saya. intinya jangan pernah takut untuk meng-explore dunia, even kamu seorang diri. karena dari apa yang  tertulis di point terakhir, dengan traveling sendiri, kamu akan lebih mengetahui jati diri kamu. kamu akan lebih banyak dapat pembelajaran untuk diri kamu sendiri, kamu akan tahu kapasitas kamu segimana.

traveling sendiri itu menyenangkan dan sangat menyenangkan !!


4 komentar:

  1. nice blog gan
    ane tau kok kalo masih newbie bgt
    jadi alay deh blognya

    BalasHapus
  2. Keren blognya, gara2 baca blog yg kaya gini yg bikin gw jadi "kecanduan" travelling. Karena masih baru di dunia backpaker jadi masih nyari temen kalo mau travelling.

    http://travellingaddict.blogspot.com/

    BalasHapus
  3. Call me laah kalo mau traveling, gak prnah nemu temen . PIN 546B9747

    BalasHapus
  4. i like it.. saya pecandu solo backpacking akut.. ayok keluar rumah, gendong rangsel mulai berjalan

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.