Selasa, 04 Maret 2014

Taman Nasional yang disukai Wisatawan Lokal



Dari 40 lebih taman nasional di Indonesia, setidaknya ada 5 taman nasional yang jadi favorit wisatawan. Tiap taman nasional berikut ini punya panorama alam yang khas. Bisa jadi, salah satunya jadi destinasi tujuan Anda selanjutnya!

Tak sulit menemukan taman nasional di Indonesia. Asyiknya lagi, taman nasional sudah jadi destinasi favorit wisatawan asal Indonesia dan bukan lagi sekedar tempat penelitian saja. Sebabnya, mereka bisa melihat keindahan alam yang lengkap dan melakukan banyak aktivitas di sana.

Kelima taman nasional tersebut adalah Taman Nasional Bunaken, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Taman Nasional Komodo, Taman Nasional Ujung Kulon dan Taman Nasional Baluran. Mari, kita kenali lebih dalam satu per satu!

Di posisi pertama ada Taman Nasional Bunaken yang paling difavoritkan, yang dipilih sebanyak 1.468 pembaca atau sekitar 37%. Bukan tanpa alasan, Taman Nasional Bunaken memang menjanjikan dunia bawah laut yang menganggumkan.



Taman Nasional Bunaken pun sudah disebut-sebut sebagai surga bawah laut. Mau bukti? Dari situs resmi pariwisata Indonesia, terdapat 13 jenis terumbu karang di taman laut ini yang didominasi oleh bebatuan laut. Salah satu yang istimewa, yaitu terumbu karang terjal vertikal yang menjulang ke bawah sedalam 25-50 meter.

Lebih dari itu, ada 91 jenis ikan yang bisa Anda temui saat diving di 20 titik selam di Taman Nasional Bunaken. Dengan luas mencapai 890 km persegi, taman nasional ini juga diberkahi dengan pulau-pulau kecil yang punya pantai berpasir putih

Beranjak ke posisi kedua, ada Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Siapa sih yang tak kenal dengan taman nasional ini, taman nasional yang bagaikan surga untuk para pendaki gunung.

Anda bisa mendaki Gunung Semeru yang punya danau di atas gunung dan padang lavender bernama Oro-oro Ombo. Gunung Semeru pun jadi titik tertinggi di Pulau Jawa. Jangan lupakan Gunung Bromo, yang punya pemandangan sunrise menakjubkan dan sudah mencuri hati turis mancanegara. Taman nasional ini berada di wilayah Kabupaten Pasuruan, Malang, Lumajang, dan Kabupaten Probolinggo.

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru dipilih sebanyak 1.313 pembaca detikTravel atau 33%. Bagi Anda yang berjiwa petualang dan gemar menelusuri hutan rimba, belum lengkap cerita perjalanan Anda sebelum menjelajahi Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Taman nasional ini juga punya air terjun Madakaripura yang dijuluki 'hujan abadi'!

Taman Nasional Komodo berada di peringkat ketiga, dengan dengan jumlah 728 suara atau 18%. Penghuni taman nasional ini adalah sang naga purba alias komodo. Satu-satunya jenis reptil yang hanya bisa ditemui di Indonesia.

Taman Nasional Komodo terdiri dari beberapa pulau, seperti Pulau Komodo dan Rinca. Di sanalah Anda bisa trekking melintasi padang savana dan melihat komodo dari dekat yang badannya berwarna cokelat dan ukurannya besar.

Waktu terbaik untuk melihat komodo adalah pukul 07.00-11.00 Wita pagi atau pukul 15.00-17.00 Wita sore. Meski berbadan besar, reptil ini dapat berlari cepat, berenang, memanjat pohon, dan punya bisa mematikan. Jangan takut dulu, ada ranger yang siap menemani Anda.

Artis ternama Hollywood, Gwyneth Paltrow pernah memuji tentang keindahan komodo dalam blog pribadinya. Dia yang pernah datang ke Pulau Komodo menyiratkan petualangan yang belum pernah dirasakan dan pengalamannya tiada dua

"Tidak pernah saya bayangkan bahwa kita akan menjalankan tangan kita melalui laut di malam hari, melihat komodo di alam liar, berenang bersama penyu besar," tulis Gwyneth di situs pribadinya.

Di posisi keempat ada Taman Nasional Ujung Kulon yang dipilih 332 pembaca atau 8%. Berada di ujung Banten, taman nasional ini terkenal sebagai habitatnya badak Jawa bercula satu.

Wisatawan yang datang ke Taman Nasional Ujung Kulon juga bisa bertualang menyusuri hutan rimbun yang masih alami. Meski medan untuk trekking cukup sulit, namun itu semua terbayar impas dengan alam yang eksotis di depan mata. Salah satunya adalah Pantai Karang Ranjang yang punya pasir putih dan perairan biru jernih.

Di peringkat terakhir, ada Taman Nasional Baluran di Situbondo, Jatim. Dikenal dengan nama Africa van Java, sebanyak 129 orang atau 3 persen memilih Taman Nasional Baluran sebagai yang terfavorit di Indonesia. Ya, inilah 'Afrika di Pulau Jawa'!

Padang savana yang luas terlihat jelas di depan mata. Pemandangan seperti ini sepertinya biasa Anda temui di film-film yang berceritakan kondisi geografi di Afrika. Tak sampai di situ, Anda juga bisa bertemu kawanan rusa, kerbau Jawa, monyet dan burung merak. Baik para wisatawan yang berjiwa petualang atau wisatawan yang gemar fotografi, sekali datang ke Taman Nasional rasanya tak mau pulang.

Itulah 5 taman nasional yang jadi favorit wisatawan Indonesia. Mari tabung uang Anda untuk datang ke sana dan bersiaplah makin cinta dengan Indonesia!

2 komentar:

  1. saya memilih taman ujung kulon sajalah.
    indonesia memang banyak wisata alam yang bagus yah,?
    ST3 Telkom

    BalasHapus
  2. saya memilih taman ujung kulon sajalah.
    indonesia memang banyak wisata alam yang bagus yah,?
    ST3 Telkom

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.