Jumat, 21 September 2012

Akhir Pekan Bersama Bayi Penyu di 4 Tempat Ini



Menyaksikan penyu bertelur bisa menjadi pengalaman baru. Jika belum punya rencana libur akhir pekan, 4 tempat penangkaran penyu ini bisa Anda jadikan pilihan. Kapan lagi bisa bermain bersama bayi penyu!
Setiap kali bertelur, penyu mampu menghasilkan hingga 250 butir telur. Namun, tidak semua dari telur tersebut bisa bertahan sampai dewasa. Melihat sulitnya perkembangbiakan penyu, maka dibuatlah penangkaran agar kura-kura laut ini tidak punah.
Saat ini, penangkaran tersebut bisa Anda jadikan sebagai destinasi wisata alternatif di akhir pekan. Melihat penyu bertelur, menetas, hingga melepasnya kembali ke alam bisa menjadi pengalaman yang sangat menarik di akhir pekan.

Berikut adalah 4 lokasi penangkaran penyu yang bisa Anda kunjungi di Pulau Jawa:

1. Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu
Penangkaran penyu di Pulau Pramuka sepertinya menjadi salah satu penangkaran yang sering dikunjungi para wisatawan. Penangkaran ini sudah ada sejak tahun 1984. Penyu-penyu di sini adalah jenis penyu sisik.
Di sini, Anda bisa menyaksikan kura-kura laut tersebut bertelur saat musim telur. Selain itu, telur-telur yang belum menetas juga dirawat di penangkaran ini. Hingga nanti setelah berusia beberapa bulan, anak-anak penyu yang biasa disebut tukik, akan dilepas ke lautan.


2. Pengumbahan, Ujung Genteng, Sukabumi
Penangkaran Penyu Pengumbahan berada di Ujung Genteng, Sukabumi, Jawa Barat. Jika Anda pernah datang ke Pantai Ujung Genteng, pasti tidak sulit untuk menemukan penangkaran ini.
Sayangnya, lokasi ini tidak dibuka untuk wisata umum, karena sebenarnya penyu sangat sensitif dengan manusia dan cahaya. Namun, dengan meminta izin terlebih dahulu, Anda bisa sekadar melihat-lihat ke dalam.
Penyu yang ditangkarkan di tempat ini adalah jenis penyu hijau. Saat malam hari di musim bertelurnya, penyu biasanya mulai datang untuk bertelur. Proses bertelur ini biasanya memakan waktu hingga 3 jam. Sstt.. Jangan berisik! Sebab penyu biasanya akan kembali ke laut jika merasa terganggu.

3. Pantai Sukamade, Banyuwangi, Jawa Timur
Pantai Sukamade di Banyuwangi, merupakan tempat penangkaran penyu yang ada di Jawa Timur. Berbagai jenis penyu ditangkarkan di sini, seperti penyu hijau, penyu lekang, penyu sisik, dan penyu belimbing.
Sama seperti penangkaran penyu pada umumnya, di sini Anda bisa menyaksikan si kura-kura laut bertelur di malam hari. Telur-telur tersebut tersimpan rapi di dalam keranjang penangkaran. Bahkan jika datang pada saat yang pas, Anda bisa ikut melepas tukik ke laut.

4. Batu Hiu, Pangandaran, Jawa Barat
Datang ke Pangandaran, sayang sekali jika tidak mampir ke tempat Penangkaran Penyu Batu Hiu. Lokasinya berada 15 km ke arah barat dari Pantai Pangandaran.
Lokasi ini merupakan tempat wisata edukasi yang dikelola oleh Kelompok Pelestari Biota Laut (KPBL) Batu Hiu. Tempat ini menangkarkan kura-kura laut jenis penyu hijau.
Ajaklah keluarga Anda, terutama anak-anak untuk datang ke lokasi penangkaran penyu. Selain untuk wisata, di sini anak-anak juga akan diajarkan pentingnya memelihara hewan dan alam. Nah, apa tempat pilihan Anda untuk akhir pekan?







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.